Tips 2 detik Screenshot di Laptop

2 detik Screenshot di Laptop

Halo sobat semua, apakabar hari ini? Baik dong ya, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mudah dalam pengambilan screenshot pada laptop maupun komputer kalian, nah sekarang pahami dulu apa itu screenshot?

Screenshot adalah suatu gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan yang tampak di layar atau peranti keluaran visual lainnya. Biasanya ini adalah suatu gambar digital yang ditangkap oleh sistem operasi atau perangkat lunak yang dijalankan pada komputer, walaupun dapat pula dihasilkan oleh kamera atau peranti yang menangkap keluaran video dari komputer. Cuplikan layar dapat digunakan untuk mendemonstrasikan suatu program, suatu masalah yang dihadapi, atau secara umum se-waktu keluaran komputer perlu ditunjukkan pada orang lain atau diarsipkan.

Demikian penjelasan singkat dari wikipedia mengenai screenshot, cukup mudah dimengerti bukan sobat semua. Screenshot sendiri menurut saya sangat penting, karena untuk membuat tutorial, kemudian untuk mendokumentasikan apapun yang tampil di layar laptop kita. Buat anda yang hendak mengambil screenshot di PC/laptop bersistem operasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, maupun Windows 10 dapat mengambil screenshot dengan beberapa cara mudah. Berikut beberapa cara untuk kita mengambil screenshot dari laptop kita dengan mudah.

Begini Cara 2 Detik Mengambil Screenshot Layar Komputer

  1. Tombol Windows + Print Screen (PrtSc)

Untuk mengambil screenshot di Windows 8, dan Windows 8.1, dan Windows 10, tekan tombol Windows+Print Screen (PrtSc) sekaligus di keyboard komputer. Seketika itu, anda akan melihat layar berkedip sebentar. Itu merupakan tanda bahwa screenshot telah diambil. Untuk melihat hasil screenshot, kita tinggal masuk ke folder pictures kemudian screenshot.

C:\Users\namauser\Pictures\Screenshots

Lalu bagaimana cara mengambil screenshot di Windows 7? Bagi anda pengguna Windows 7, anda bisa mengambil screenshot dengan cara selanjutnya ini.

  1. Print Screen

Pengguna Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10, dapat melakukan cara ini. Tekan tombol Print Screen. Setelah menenekan tombol itu, anda telah mengambil screenshot namun tersimpan dalam Clipboard. Artinya, anda telah mengambilnya dan meng copy screenshot itu. Untuk menampilkannya, anda harus mem-paste/tempel screenshot yang telah diambil tersebut ke mana pun yang anda inginkan, misalnya Microsoft Word atau Paint atau apa pun itu.

3. Alt + Print Screen

Caranya sama seperti sebelumnya. Tekan Alt+PrintScreen, dan paste/tempel screenshot yang telah diambil. Namun, cara ini hanya mengambil screenshot dari jendela aktif saja. Taskbar dan yang lain tidak dapat diambil screenshot-nya.

4. Snipping Tool

Di Windows, ada aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berguna untuk mengambil screenshot dengan mudah, kita pn dapat memilih wilayah atau bagian layar mana yang akan di screeshot.

C:\Users\hilmikn\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\Screenshot (6).png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *